Rabu, 04 Juli 2018

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih adalah salah satu jenis umbi-umbian yang lebih dahulu kita kenal sebagai salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan sehari-hari. Bawang putih memiliki bau khas yang menyengat sehingga terkadang beberapa orang enggan untuk mengkonsumsi bawang putih secara langsung tanpa dijadikan bumbu terlebih dahulu. Namun ada sebagian orang juga yang dengan santainya mengkonsumsi bawang putih tanpa menghiraukan bau mulut yang akan ditimbulkan setelah itu.

Selain terkenal karena dapat menambah rasa pada makanan, pada bawang putih juga terkandung beragam manfaat yang bagus bagi tubuh. Dalam dunia kesehatan, bawang putih telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak beratur-ratus tahun yang lalu. Lantas apa yang membuat bawang putih ini begitu menarik untuk kita bahas kali ini? Langsung saja kita simak manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bawang Putih, sumber : merdeka.com
1. Bawang putih mengandung Anti Bakteri
Menurut penilitian yang telah dilakukan oleh para ahli, didalam bawang putih terkandung kandungan allicin yang sering digunakan untuk pengobatan. Kandungan ini berfungsi sebagai zat anti-bakteri alami yang ada pada bawang putih. Kandungan allicin sangat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, mengencerkan darah, dan manfaat yang paling terkenal adalah sebagai anti kanker alami.

2. Bawang putih sebagai anti kanker
Selain kandungan allicin, didalam bawang putih juga terdapat kandungan zat diallyl sulfida yang secara efektif dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker pada tubuh anda.

3. Bawang putih untuk menurunkan hipertensi
Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi anda. Menurut hasil riset yang dilakukan, bawang putih dapt membantu menurunkan tekanan darah sebesar 7%.

4. Bawang putih mengandung vitamin dan nutrisi
Didalam bawang putih terdapat beragam kandungan, antara lain vitamin c, kalsium dan juga zat besi.

5. Bawang putih sebagai antioksidan
Selain populer karena sebagai bumbu masakan dan anti kanker, kandungan populer bermanfaat lainnya dari bawang putih adalah sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri virus atau pun jamur pada tubuh.

6. Bawang putih dapat menurunkan LDL
LDL atau lebih dikenal dengan kolesterol jahat memang harus kita perangi demi kesehatan kita. Salah satu cara memeranginya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Didalam kandunga umbi-umbian ini terdapat kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 10 hingga 15 persen.

7. Bawang putih untuk menurunkan berat badan
Bawang putih dengan kandungan Vinyldithiin dapat berfungsi menjaga sel lemak yang ada pada tubuh kita agar terjadinya proses inflamasi dapat terhambat. Maksud dari proses inflamasi disini sendiri adalah proses dimana mengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak adiposit yang dapat menyebabkan kegemukan.

Baca : Kandungan crystal x.

8. Bawang putih meningkatkan metabolisme zat besi
Bawang putih dapat membantu tubuh dalam meningkatkan produksi protein dengan tujuan agar zat besi pada tubuh dapat beredar dalam kadar yang pas dengan kebutuhan tubuh.

Namun dibalik banyaknya manfaat tersebut seperti antioksidan yang tinggi, terdapat pula efek samping atau dampak dari pemakaian bawang putih. Berikut adalah beberapa efek samping bawang putih pada tubuh :
  • Dapat menyebabkan bekas seperti luka bakar pada permukaan kulit jika dioleskan terlalu tebal
  • Tidak dianjurkan penggunaan bawang putih untuk ibu hamil / menyusui dalam kadar yang besar
Sebelum anda mengkonsumsi bawang putih, pastikan terlebih dahulu anda tidak memiliki alergi terhadap bahan ini.


EmoticonEmoticon