Rabu, 11 Juli 2018

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Kita semua pasti pernah mengalami apa yang namanya hidung tersumbat baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Tentu saja saat hidung kita tersumbat akan menjadi sangat mengganggu, terlebih diwaktu menjelang tidur. Meskipun hidung yang tersumbat sudah termasuk umum bagi Anda, namun Anda juga tidak dapat meremehkan hidung yang tersumbat. Anda harus mengetahui hidung tersumbat yang Anda alami disebabkan oleh apa, apakah infeksi di jaringan hidung oleh influenza atau malah sinusitis.

Cara mengatasi hidung tersumbat, sumber : telegraph.co.uk
Penyebab hidung tersumbat yang paling sering adalah common cold, flu dan juga infeksi sinus. Ketiga penyebab tersebut menyebabkan peradangan pada area rongga hidung dan juga rongga sinus. Setelah itu, efek dari peradangan akan membuat pembuluh darah pada kedua rongga tersebut menjadi lebih lebar hingga menyebabkan pembengkakan yang berujung pada sumbatnya hidung. Biasanya hidung tersumbat dapat menyerang disalah satu rongga hidung Anda.

Selain beberapa penyebab diatas, ada juga penyebab lainnya dari hidung tersumbat yaitu kehamilan. Kebanyakan dari anda mungkin ada yang baru tahu bahwa kehamilan dapat mempengaruhi hidung yang tersumbat. Selama kehamilan akan terjadi beberapa perubahan seperti fluktuasi hormonal serta meningkatnya suplai darah terutama pada akhir trisemester pertama. Efek dari perubahan itu sendiri juga beragam, salah satunya adalah meradangnya membran hidung.

Beberapa cara dapat anda lakukan sendiri di rumah sebagai alternatif mengatasi hidung tersumbat sebelum penggunaan obat-obatan. Kali ini kesehatanterbaru.com hanya akan memberikan tips mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan flu. Langsung saja, diantaranya :

1. Keluarkan Ingus Perlahan
Saat hidung anda sumbat yang disertai ingus, anda dapat melakukan langkah yang pertama ini. Keluarkan ingus anda secara lembut, tidak disarankan dengan terlalu kuat. Jika anda mengeluarkan ingus terlalu kuat, dikhawatirkan akan memperparah peradangan pada hidung hingga menyebabkan penyumbatan lebih berat.

Baca : jual crystal x

2. Hirup Uap Air Panas
Alternatif kedua yang bisa anda coba di rumah yaitu dengan menghirup uap dari air panas. Uap hangat tersebut dapat membantu meringankan peradangan sehingga anda dapat kkembali bernafas dengan nyaman.

3. Konsumsi Sesuatu yang pedas
Makan atau minum sesuatu yang mengandung rasa pedas dapat menipiskan lendir yang menyebabkan penyumbatan pada hidung. Contoh minuman pedas yang bisa anda konsumsi seperti jahe hangat dan makanan seperti sup ayam hangat dengan dicampuri sedikit rasa pedas. Ingat, jangan mengkonsumsi sesuatu yang terlalu pedas.

4. Kompres bagian atas hidung
Cara ini dapat anda lakukan dengan berbaring santai. Anda cukup mengompres bagian atas hidung anda menggunakan handuk kecil yang telah dibasahi air hangat.

5. Hirup salep hangat
Selain menghirup uap air hangat, anda juga dapat menghirup aroma dari inhaler untuk hidug, balsam ataupun minyak angin dengan aroma menthol. Selain menghirup anda juga dapat mengoleskan balsam dan minyak angin dibagian bawah hidung.

6. Mandi air putih yang cukup
Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari dengan tujuan selain mencegah dehidrasi, juga guna agar meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Berbaring atau tidur dengan posisi setengah duduk
Cara ini merupakan tips terakhir yang diberikan pada kesempatan kali ini. Lakukan cara ini tepatnya dengan memberikan bantal tambahan pada posisi dibawah kepala serta leher hingga membentuk posisi setengah duduk. Ini dilakukan dengan tujuan mengurangi menumpuknya aliran darah dihidung.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon