Minggu, 15 Oktober 2017

Ini Posisi Tidur yang Baik dan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Tags

Saat sedang dalam masa kehamilan, posisi tidur merupakan salah satu permasalahan baru yang harus kamu hadapi. Tidur nyenyak kini menjadi sebuah tantangan setiap malamnya bagi ibu hamil. Posisi tidur yang sebelumnya menjadi posisi favorit, belum tentu akan terasa nyaman seperti sebelum memasuki masa kehamilan. Agar tidur dapat menjadi nyaman dan nyenyak, kamu harus mencari posisi tidur yang pas dan tentunya tidak membahayakan calon buah hati.

Posisi Tidur Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil

Penyebab Sulit Tidur Nyenyak Pada Ibu Hamil

Sulit mencari posisi tidur yang nyaman hampir dialami oleh seluruh ibu yang sedang dalam masa hamil muda. Hal ini disebabkan karena munculnya perubahan pada tubuh saat trimester pertama kehamilan dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Dalam masa trimester pertama, Ibu masih diperbolehkan untuk tidur dengan posisi telentang ataupun dalam posisi tengkurap. Akan tetapi, posisi tidur seperti ini tidak begitu direkomendasikan oleh para dokter. Hal ini disebabkan karena dapat berisiko dalam memicu permasalahan kesehatan lainnya dan dapat membahayakan janin Ibu.

Bahaya Tidur Telentang dan Tengkurap

Posisi tidur merupakan salah satu hal yang awalnya terlihat sepele, namun penting untuk diperhatikan saat dalam masa kehamilan. Posisi tidur yang salah pada ibu hamil dapat berdampak pada munculnya beberapa permasalahan seperti nyeri otot, kaki membengkak, mempengaruhi tekanan darah, dan lain-lain.

Selain permasalah tersebut, posisi tidur telentang juga dapat memicu permasalahan lainnya, seperti sesak nafas, pusing, mual, nyeri punggung, wasir, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi suplai darah menuju ke janin. Hal Ini disebabkan karena adanya tekanan pada bagian aorta dan vena cava inferior. Kedua bagian tersebut berfungsi untuk mengantarkan aliran darah dari jantung menuju ke bagian kaki.

Selain posisi telentang, tidur tengkurap juga sebaiknya kamu hindari. Posisi tidur tengkurap akan menyebabkan tekanan pada rahim dan menimbulkan rasa tidak nyaman.


Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil 

1. Posisi Tidur Miring
Posisi tidur urutan pertama yang direkomendasikan yaitu tidur dengan posisi miring menghadap ke arah kiri. Selain dapat membuat rasa nyaman, tidur dengan posisi ini juga dapat membantu meningkatkan jumlah darah dan juga nutrisi pada plasenta serta janin ibu hamil. Agar tidur dapat lebih nyaman, ibu dapat menambahkan penggunaan bantal di antara kedua kaki dan pada bagian punggung.

Bila sebelumnya ibu sering mengalami rasa nyeri pada punggung dan mengalami kesulitan bernafas saat tidur, sebagai solusinya ibu bisa mencoba posisi tidur miring.

2. Posisi Setengah Duduk
Selain posisi tidur miring, posisi lainnya yang direkomendasikan yaitu tidur dengan posisi setengah duduk. Media bantal dapat digunakan  untuk menyangga bagian kepala dan punggung  ibu saat akan tidur. Posisi ini memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri pada ulu hati saat tidur.

Nyeri ulu hati pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh hormon progesteron yang mempengaruhi otot antara bagian lambung dan kerongkongan / esophagus dan menyebabkan asam lambung kembali membalik menuju kerongkongan. Ibu hamil juga disarankan untuk melakukan makan malam beberapa jam sebelum tidur dan makan secara perlahan.

Tidak hanya posisi tidur, perubahan fisik seperti pada bagian payudara yang menjadikannya lebih sensitif juga dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Sebagai solusinya, ibu dapat menggunakan bra dengan ukuran yang pas agar nyaman digunakan. Selain itu, ibu juga dapat menggunakan bantal untuk membuat payudara menjadi lebih rileks.

Bila rasa yang ditimbulkan dirasa sudah menganggu, ibu dapat melakukan konsultasi kepada dokter untuk dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan.


Tips Agar Tidur Ibu Hamil Lebih Nyenyak

Memasuki proses kehamilan yang pertama mungkin terasa akan sangat merepotkan. Namun, apabila dilakukan dengan cara yang benar, tentu saja akan membuat semua proses yang dilewati menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meraih tidur yang nyaman saat masa kehamilan trimester pertama.
  • Jika kamu tidur dalam posisi miring, arahkan kedua kaki ke posisi dalam menuju perut seperti posisi janin. Agar tidur dapat lebih nyaman, gunakan bantal guling di antara kedua kaki.
  • Untuk mencegah terjadinya perubahan posisi tidur dan agar tetap dalam satu sisi, kamu bisa menggunakan bantal kehamilan khusus.
  • Agar asam lambung tidak naik ke tenggorokan saat tidur, kamu bisa menyangga bagian atas kasur setinggi beberapa cm. Selain itu, hindari konsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur.
  • Lakukan olahraga ringan seperti yoga ataupun meditasi secara rutin agar tubuh menjadi lebih rileks dan fresh.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon