Senin, 04 September 2017

Cara Menghilangkan Stretch Mark / Singkayo 100% Alami

Tags

Mempunyai kulit yang mulus merupakan suatu impian kebanyakan wanita, khususnya bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Beragam jenis perawatan mulai dari tariff yang terjangkau, hingga harus merogoh kocek dalam, rela dilakukan demi mendapatkan kulit yang mereka idamkan.

Namun, meskipun telah melakoni beragam jenis perawatan untuk menghindari kerusakan pada kulit, ada beberapa kondisi yang mau tidak mau harus kamu lewati dan bisa menyebabkan kulit kamu menjadi tidak mulus seperti sebelumnya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark
Cara Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark merupakan salah satu jenis permasalahan pada kulit yang sering dikeluhkan oleh banyak wanita. Munculnya stretch mark umumnya ditandai dengan adanya tanda baret, guratan, atau lurik pada permukaan kulit. Ukuran panjang stretch mark juga variatif, mulai dari millimeter hingga bisa mencapai belasan centimeter.

Mengapa stretch mark bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari suatu kondisi yang membuat elastisitas kulit menjadi melewati batas maksimal dan berdampak pada munculnya garis-garis putih kemerahan pada kulit.

Untuk mengetahui tentang proses munculnya stretch mark dengan lebih mudah, kamu bisa menganalogikan seperti sedang meniup sebuah balon yang mulus menjadi besar. Saat balon sudah mencapai batas maksimal, kempeskan kembali balon tersebut. Maka setelah itu akan terlihat permukaan balon menjadi tidak mulus seperti sebelumnya.

Apakah Stretch Mark dan Selulit Sama?

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa stretch mark dan selulit itu merupakan hal yang sama. Meskipun sekilas tampak mirip, namun berdasarkan penyebabnya, selulit dan stretch mark merupakan dua masalah pada kulit yang sangat berbeda.

Stretch mark merupakan permasalahan yang terjadi karena elastisitas pada kulit telah melawati batasnya dan menyebabkan munculnya motif lurik berwarna putih kemerahan.

Sedangkan selulit merupakan masalah yang disebabkan karena adanya tumpukan lemak pada kulit dan membuat bentuk gumpalan seperti pada permukaan kulit jeruk. Warna dari selulit juga berbeda dari stretch mark, yaitu memiliki warna yang sama dengan warna kulit (tidak berbeda).

Penyebab Munculnya Stretch Mark di Tubuh

Pada umumnya permasalah stretch mark lebih sering muncul pada wanita yang baru saja melalui proses persalinan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena munculnya stretch mark setelah melahirkan merupakan suatu hal yang normal. Karena kondisi kulit khususnya pada bagian perut mengalami kontraksi atau peregangan saat masa kehamilan dan kembali menyusut setelah proses melahirkan.

Akan tetapi, munculnya stretch mark ternyata tidak hanya bisa dialami oleh seorang ibu setelah melahirkan saja, namun anak-anak hingga dewasa juga bisa memiliki risiko mengalami stretch mark. Biasanya stretch mark pada anak-anak hingga remaja, cenderung akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia.

Berbeda dengan anak-anak, stretch mark pada orang dewasa biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama agar dapat hilang dan terkadang dibutuhkan cara tertentu untuk dapat menghilangkannya.

Beberapa penyebab stretch mark pada permukaan kulit :
  • Melahirkan
  • Kerusakan kolagen pada kulit
  • Kurangnya asupan vitamin A, E, dan C
  • Efek konsumsi obat pengurus badan yang bisa membuat badan dari gemuk menjadi kurus dengan cepat
  • Sering mengkonsumsi makanan tidak sehat (tinggi lemak dan kalori)


Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Stretch Mark

Untuk dapat menghilangkan stretch mark, hingga saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari melakukan perawatan medis, penggunaan obat-obatan atau salep, hingga beragam cara alami lainnya.

Masing-masing cara tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Seperti perawatan medis memiliki kelebihan yang akan membuat stretch mark hilang lebih cepat, namun disisi lain perawatan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Begitu juga dengan perawatan alami yang bisa kamu lakukan sendiri, dari segi waktu tentu akan sedikit lebih lama, namun dari segi biaya jauh lebih murah dan tentunya aman untuk dilakukan. Pada artikel kali ini, penulis hanya akan berfokus untuk membahas cara-cara alami saja. Langsung simak saja ya!

1. Penuhi kebutuhan air tubuh
Seperti yang telah kita ketahui, pada tubuh orang dewasa 60% nya terdapat kandungan air. Pada umumnya kebutuhan cairan manusia setiap harinya yaitu 2 liter atau sebanyak 8-10 gelas. Untuk dapat mengetahui kebutuhan air kamu secara lebih spesifik, kamu bisa menghitungnya dengan cara mengalikan 30 ml air setiap kilogram berat kamu.

Selain untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, tujuan dari memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga untuk menjaga kelembaban dan elastisitas pada kulit tetap normal dan bisa menghilangkan stretch mark secara perlahan.

2. Pasta Kopi
Mungkin diantara kalian sudah ada yang mengetahui cara menghilangkan stretch mark yang satu ini. Memanfaatkan kandungan pada kopi terbukti efektif untuk dapat menyamarkan stretch mark kamu.

Cara penerapannya cukup mudah, yaitu kamu cukup mencampurkan kopi murni ke dalam air hangat hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kopi ke permukaan kulit yang mengalami stretch mark secara merata. Lakukan cara ini secara rutin agar stretch mark dapat menghilang.

3. Putih telur
Putih telur memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk kulit. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Pertama, karena kamu hanya membutuhkan putih telur saja, maka pisahkan kuning telur. Kedua, kocok putih telur hingga mengeluarkan buih. Ketiga, oleskan putih telur ke permukaan kulit kamu dan diamkan sekitar 20-25 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hangat. 

4. Lidah buaya
Jika sebelumnya tanaman lidah buaya lebih kita kenal dengan kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, ternyata lidah buaya juga baik untuk kesehatan kulit. Lidah buaya kaya akan kandungan E, C, dan A yang menjadi penyebab munculnya stetch mark pada perut atau paha. 

Cara melakukannya yaitu oleskan lendir lidah buaya pada kulit yang mengalami stretch mark. Kedua, pijat secara perlahan selama beberapa menit. Ketiga, diamkan lendir lidah buaya selama kurang lebih setengah jam dan cuci dengan bersih.

5. Mentega cokelat
Saat ini, mentega yang merupakan hasil olahan dari pohon kakao ini sudah banyak dimanfaatkan oleh produsen produk kecantikan karena khasiatnya yang bagus untuk kulit. 

Mentega cokelat atau juga dikenal dengan istilah kokoa butter merupakan salah bahan yang dipercaya dapat menyamarkan stretch mark. Cara menggunakannya yaitu cukup dioleskan pada bagian yang mengalami stretch mark.

6. Bubuk cokelat
Kolagen merupakan salah satu kandungan protein yang dibutuhkan tubuh kita. Kolagen memiliki fungsi penting untuk membuat kulit tampak lebih mulus, sehat, dan tentunya dapat menyamarkan stretch mark. 

Bubuk cokelat merupakan salah satu sumber kolagen tinggi yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Berikut cara menggunakan bubuk cokelat sebagai penghilang stretch mark :
  • Olah bubuk cokelat secukupnya menjadi pasta (gunakan bubuk cokelat asli yang belum mengandung bahan lainnya)
  • Oleskan pasta cokelat yang telah diolah sebelumnya secara merata ke bagian permukaan kulit yang mengalami stretch mark
  • Tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih
  • Ulangi cara ini setiap hari hingga mencapai hasil yang diinginkan

7. Minyak jarak
Minyak jarak merupakan jenis minyak nabati yang berasal dari ekstrak tanaman pohon jarak. Salah satu kandungan yang paling popular dari minyak jarak yaitu kandungan kolagennya. Dari kandungan inilah minyak jarak dipercaya ampuh untuk membantu berbagai persoalan kecantikan seperti mencegah penuaan dini, menyamarkan keriput di wajah, menghilangkan stretch mark dan membuat tampak lebih muda. 

8. Lemon
Seperti yang telah kita ketahui, dibalik rasa asamnya, lemon kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini dapat membantu kolagen agar lebih maksimal dalam melakukan regenerasi sel-sel kulit yang rusak. Cara menggunakan lemon sebagai penghilang stretch mark yaitu dengan mengoleskan cairan lemon pada bagian stretch mark dan biarkan mengering. Terakhir, bilas cairan yang telah mongering tadi menggunakan air hangat.

9. Minyak zaitun
Minyak zaitun memang sudah dipercaya sejak dahulu dalam mengatasi beragam permasalahn, termasuk untuk menghilangkan stretch mark. Minyak zaitun memiliki beragam kandungan bermanfaat seperti vitamin A, D, dan E. Berikut cara menggunakannya :
  • Oleskan minyak zaitun secara merata
  • Diamkan selama kurang lebih 20 – 25 menit sambil dipijat perlahan
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih

10. Gula
Selain dapat menghilangkan stretch mark, gula juga memiliki manfaat untuk membuat kulit kamu lebih halus. Cara menggunakannya yaitu campurkan gula dan madu secukupnya dan oleskan merata dengan disertai pijatan lembut.


EmoticonEmoticon