Selasa, 05 September 2017

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Selulit Dengan Cepat

Tags

Diantara kita pasti sudah pernah mendengar istilah selulit. Istilah ini mengacu pada permasalahan yang disebabkan karena suatu kondisi tertentu dan dapat dilihat pada permukaan kulit bagian tubuh tertentu. Namun, tahukah kamu apa itu selulit sebenarnya?

Di luar sana ada beberapa opini yang cukup populer tentang penyebab munculnya selulit. Banyak yang menganggap bahwa selulit dapat muncul karena adanya timbunan lemak. Ada pula yang menganggap jika selulit muncul karena adanya racun-racun pada tubuh dan air yang berlebih dan terperangkap di bawah kulit.

Fakta tentang penyebab munculnya selulit yang benar yaitu karena adanya pengaruh dari kondisi tertentu dan menyebabkan adanya timbunan lemak pada bagian bawah kulit. Dari sini kemudian akan membuat kulit tampak seperti bergelombang layaknya kulit jeruk. Umumnya selulit lebih sering terjadi pada bagian bokong dan juga paha.

Cara Menghilangkan Selulit
Cara Menghilangkan Selulit

Apakah selulit disebabkan oleh lemak?
Perlu kamu ketahui bahwa gelombang yang muncul pada permukaan kulit akibat selulit, bukan disebabkan oleh lemak tubuh. Lemak bukanlah sesuatu yang selalu memperburuk penampilan. Ada kalanya, lemak justru bermanfaat untuk dapat membuat kamu tampak lebih cantik.

Contohnya yaitu lemak pada bagian pipi akan membuat kamu menjadi tampak lebih muda karena kulit lebih kencang. Sehingga tidak heran apabila untuk melakukan operasi plastik penyuntikkan lemak dipatok dengan tariff yang cukup tinggi.

Lantas jika bukan lemak, lalu apa yang menjadi penyebab selulit?
Pada dasarnya, gelombang yang muncul pada permukaan kulit dipengaruhi oleh struktur kulit bagian atas dan jaringan ikat pada bawah kulit. Kedua struktur ini memiliki pengaruh penting terhadap munculnya selulit di bagian tubuh tertentu.

1. Konsumsi buah dan sayur
Untuk dapat menyamarkan selulit, melakukan diet sehat merupakan salah satu cara yang tepat. Ganti makanan tidak sehat kamu dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur. Selain bisa menghilangkan selulit, kamu juga akan mendapatkan kulit yang mulus dan kencang.

Agar proses diet tidak membosankan, pilihlah jenis sayur dan buah yang berbeda setiap beberapa hari dengan tetap memerhatikan kandungan yang dimilikinya. Buah dan sayur juga dapat diolah seperti direbus atau dibuat menjadi jus (tanpa gula).

Jika kamu ingin proses menghilangkan selulit lebih cepat, konsumsi jenis buah dan sayur yang kaya akan kolagen dan vitamin C sangat baik untuk dikonsumsi. Seperti blueberry, blackberry, paprika, brokoli, dan masih banyak lagi.

2. Menjaga keseimbangan hormon
Hormon memiliki peran penting pada tubuh manusia, tidak terkecuali untuk permasalahan pada kulit. Memiliki hormon yang seimbang juga termasuk faktor penting untuk mengurangi risiko mengalami selulit.

Meskipun demikian, memiliki hormone yang stabil juga tidak menjamin selulit akan menghilang secara permanen. Jika kamu tidak menerapkan pola hidup dan makan yang sehat, maka selulit mungkin saja akan muncul kembali.

Ada beberapa langkah untuk dapat membuat hormone pada tubuh menjadi seimbang kembali. Beberapa diantaranya, yaitu seperti mengurangi konsumsi lemak omega-6 tak jenuh ganda, menghindari kopi atau minuman dengan kandungan kafein lainnya, dan tidur yang cukup.

3. Tanah Liat
Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal tanah liat sebagai bahan dasar dari beragam kerajinan. Namun siapa sangka, tanah liat ternyata juga memiliki khasiat yang dapat menghilangkan selulit pada perut dan paha. Tanah liat dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dalam kulit.

Cara melakukannya tergolong lebih menyenangkan bila dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Sebelumnya kamu perlu menyiapkan beberapa bahan, diantaranya: tanah liat bentonit, garam espom, dan minyak atsiri.

Cara pertama :
Larutkan tanah liat bentonit, garam espom, dan minyak esensial ke dalam air secukupnya. Campurkan hasil larutan tersebut ke dalam bak mandi menggunakan air hangat dan silahkan berendam dengan waktu sekitar 20 menit.

Cara kedua :
Campurkan tanah liat bentonit dengan air secukupnya hingga terbentuk seperti pasta. Oleskan secara merata pada bagian yang mengalami selulit dan diamkan hingga kering. Terakhir, bilas tubuh hingga bersih.

4. Minyak atsiri
Minyak atsiri atau juga dikenal sebagai minyak esensial yang mengandung beragam manfaat bagi tubuh. Tambahkan minyak atsiri atau minyak esensial lainnya ke dalam air mandi kamu.

5. Lemak tak jenuh
Mungkin beberapa diantara kalian sudah ada yang mengetahui bahwa pada dasarnya lemak dibedakan menjadi dua, yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak tidak jenuh merupakan jenis lemak yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Lemak jahat biasanya bisa dengan mudah dikenali, yaitu umumnya berwarna putih padat seperti lilin. Cobalah untuk mengurangi konsumsi lemak jahat dan menggantinya dengan lemak tidak jenuh. Lemak tak jenuh bisa bersumber dari ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, telur, dan beragam jenis sauran.

6. Olahraga
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi selulit yaitu dengan berolahraga rutin. Meskipun selulit tidak dapat menghilang selama-lamanya, namun olahraga yang rutin bisa membuat otot pada bagian bawah menjadi lebih rata dan membuat selulit jadi tersamarkan. Agar selulit dapat hilang dengan cepat dan maksimal, kombinasikan olahraga kamu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi cukup.

7. Kontrol kebutuhan kalori 
Mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana, permen, minuman bersoda, dan makanan yang tergolong berkalori kosong sangat dianjurkan dalam proses menghilangkan selulit untuk mengurangi lemak tubuh. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan serat seperti buah, sayuran, dan gandum.

8. Hindari obesitas
Selulit bisa menyerang siapa saja, baik orang berbadan kurus atau gendut. Akan tetapi, pada kebanyakan kasus, selulit lebih dominan terjadi pada orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki berat badan berlebih, ada baiknya untuk melakukan proses penurunan berat badan secara perlahan dengan mengkombinasikan program diet dan olahraga rutin.

9. Hindari rokok
Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, maka sebaiknya kamu mulai meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Selain tidak baik bagi kesehatan paru-paru, merokok juga dapat mempengaruhi kulit menjadi lebih tipis. Hal ini disebabkan karena terganggunya suplai darah menuju pada kulit dan bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kendur.

10. Pijatan
Pijatan lembut pada daerah bagian selulit bisa membantu memperlancar aliran darah dan membuat selulit lebih tersamarkan. Lakukan pijatan rutin menggunakan lotion beberapa menit rutin setiap harinya agar lebih maksimal.

11. Operasi cellulaze
Ini merupakan opsi yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan selulit lebih cepat. Operasi cellulaze akan menggunakan media laser dan bekerja langsung pada bagian yang mengalami selulit.

Cara kerja operasi ini yaitu laser akan memperkecil sel-sel lemak, menghilangkan gumpalan selulit dengan cara memotongnya, dan merangsang agar kulit menjadi lebih tebal.

Di tahun 2012, operasi cellulaze telah disetujui oleh FDA. Hasil dari operasi ini bisa bertahan selama setahun bahkan lebih. Namun, efek dari operasi ini masih belum diketahui secara pasti.


EmoticonEmoticon