Kamis, 24 Agustus 2017

Hindari 25 Penyebab Insomnia Ini Agar Kamu Bisa Tidur Nyenyak

Apakah kamu termasuk orang yang sulit untuk tidur di malam hari, meskipun tubuh sudah merasakan lelah setelah beraktivitas seharian? Apakah kamu sering terbangun sendiri dari tidur dan tidak bisa melanjutkan tidur kembali? Jika jawabannya iya, kemungkinan besar kamu sedang mengalami insomnia.

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak bisa mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik. Orang yang sudah tidur dengan jam yang cukup, yaitu sekitar 8 jam tiap malamnya, belum tentu tidak mengalami insomnia. Jika kamu bangun dengan kondisi yang lemas dan kurang bertenaga, bisa jadi kamu sedang mengalami insomnia.

Insomnia dibedakan menjadi dua, yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Perbedaannya yaitu terletak pada lama waktu mengalaminya. Insomnia akut dapat menyebabkan gangguan tidur dengan rentang waktu satu hari hingga beberapa minggu. Sedangkan insomnia kronis memiliki rentang waktu yang lebih lebih dari sebulan.

Lantas apa yang menjadikan kamu mengalami gangguan tidur? Padahal jika kamu terus-terusan kurang tidur akibat insomnia, bisa beresiko terkena beragam jenis penyakit dan yang paling parah dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Insomnia - sleeptoliveinstitute.com

Penyebab Insomnia

Memahami penyebab terjadinya insomnia akan sangat membantu agar kamu bisa kembali tidur dengan nyenyak dan kembali segar keesokan paginya. Insomnia bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik ataupun beberapa faktor lainnya.

1. Social jet lag
Social jet lag merupakan salah satu penyebab terjadinya insomnia. Social jet lag bisa terjadi dikarenakan adanya perubahan jadwal tidur di akhir pekan atau hari libur.

Agar kamu bisa tidur dengan mudah, kamu harus membiasakan diri untuk tidur tepat pada jam yang telah kamu tentukan setiap malamnya. Jika pada hari kerja kamu terbiasa untuk tidur pada pukul 9 malam, maka pada akhir pekan kamu juga harus tetap konsisten tidur pada jam 9 malam. Hal ini bertujuan agar menghindari waktu tidur yang berubah yang menyebabkan social jet lag.

2. Tidur terlalu cepat
Tahukah kamu bahwa tidur yang terlalu cepat juga bisa menyebabkan insomnia? Dari hasil sebuah survey membuktikan bahwa sebesar 90% orang yang menderita insomnia, pada malam harinya tidur lebih cepat dari malam-malam sebelumnya.

Cobalah untuk sedikit menambah waktu terjaga kamu pada malam hari. Hal ini bertujuan agar sistem homeostatik dapat menerima sinyal jika tubuh membutuhkan tidur yang lebih banyak dan membuat kamu lebih mudah tidur.

3. Konsumsi kafein menjelang tidur
Pasti kamu sudah tahu bahwa salah satu efek setelah meminum kopi yaitu dapat mengurangi rasa ngantuk dan menjadi lebih segar. Hal itu disebabkan karena kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan kamu menjadi lebih waspada dan terjaga setelah mengkonsumsinya.

Hindari kebiasaan meminum kopi pada malam hari, karena secara tidak langsung bisa menjadi salah satu penyebab insomnia kamu. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi yaitu pada pagi hari (bukan setelah bangun) dan pada siang hari pada jam makan siang.

4. Beraktivitas setelah terbangun
Jika kamu terbangun dari tidur disaat malam hari, hindari untuk beranjak dari tempat tidur. Cobalah untuk tetap berbaring dan rileks untuk mencoba kembali tidur. Jika kamu merasa sulit untuk tidur kembali, cobalah untuk menghitung angka 100 dengan hitungan mundur atau membaca doa menurut kepercayaan masing-masing secara berulang.

5. Gelisah
Masalah pekerjaan, rumah tangga, ataupun lainnya dapat menyebabkan kamu menjadi sulit tidur karena selalu memikirkan hal tersebut. Cobalah lakukan aktivitas yang kamu sukai seperti membaca atau pun lainnya untuk mengurangi rasa gelisah. Hindari aktivitas yang bisa membuat stimulasi tubuh kamu menjadi meningkat.

6. Tidak ada rutinitas sebelum tidur
Pernahkah kamu setelah beraktivitas seharian, tubuh sudah terasa lelah dan ketika sampai dirumah kamu mencoba untuk langsung tidur, namun tidak bisa? Jika iya, cobalah untuk membiasakan diri untuk tidak langsung tidur.

Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas ringan satu jam sebelum tidur, seperti membersihkan diri, menyiapkan seragam untuk keesokan hari, dan membuat tubuh rileks dengan bermeditasi atau membaca buku diketahui dapat membantu tidur kamu menjadi lebih pulas.

7.  Asik bermain gadget
Saat ini semua orang, baik tua maupun muda, sulit untuk dapat lepas dari yang namanya gadget. Salah satu dampak negatif dari penggunaan gadget adalah dapat menyebabkan sulit tidur. Hindari penggunaan gadget saat menjelang tidur agar otak dapat beristirahat dan kamu bisa mudah terlelap.

8, Sindrom kaki gelisah
Sindrom ini dialami sekitar 10% dari total manusia di dunia. Sindrom kaki gelisah dapat menyebabkan susah untuk tidur nyenyak karena adanya dorongan untuk menggerak-gerakkan kaki secara terus menerus.

9. Kebiasaan "balas dendam" di akhir pekan
Jika kamu termasuk orang yang sering menghabiskan waktu akhir pekan untuk beristirahat penuh, maka bisa jadi itu yang menyebabkan kamu sulit tidur dikeesokan harinya. Hindari tidur di akhir pekan yang berlebihan agar tidak membingungkan tubuh terhadap jam tidur kamu dan tidak mengganggu jam tidur keesokan harinya.

10. Alkohol
Hindari konsumsi alkohol untuk tujuan mengatasi insomnia. Alkohol memang diketahui memiliki efek yang dapat membuat seseorang menjadi mengantuk. Akan tetapi biasa hanya berlaku untuk beberapa saat setelah mengkonsumsinya saja, selepasnya kamu akan menjadi lebih sulit tidur dan bisa menyebabkan kamu berhalusinasi.

11. Konsumsi Makanan Berat
Penyebab susah tidur selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan berat menjelang waktu tidur. Jika disaat menjelang tidur kamu merasakan lapar, cobalah untuk mengkonsumsi air putih terlebih dahulu. Jika kamu masih merasa lapar, makanlah jenis makanan ringan sebagai pengganjal perut sementara dan hindari konsumsi makanan berat.

12. Makanan Pedas
Selain makanan berat, jenis makanan pedas juga bisa menyebabkan kamu sulit tidur. Hal ini dikarenakan efek pedas setelah makan bisa menyebabkan rasa mulas pada perut, yang menyebabkan kamu susah tidur.

13. Bekerja dengan sistem shift
Lagi-lagi jam tidur yang tidak teratur menjadi penyebab terjadinya insomnia. Terutama bagi mereka yang bekerja pada kantor yang menerapkan sistem jam kerja shift.

14. Area tidur yang tidak nyaman
Agar tidur dapat lebih nyenyak, cobalah untuk membuat lingkungan tidur kamu senyaman mungkin. Seperti mematikan lampu, menggunakan ear plug untuk mengurangi suara berisik, membersihkan tempat tidur, dan lain lain.

15. Sleep apnea
Sleep apnea merupakan suatu gangguan serius pada bagian pernapasan seseorang yang tengah tidur. Gangguan ini menyebabkan napas orang tersebut menjadi lebih pendek dan bisa menyebabkan otak kekurangan oksigen. Selain bisa menyebabkan insomnia, gangguan sleep apnea bisa mengakibatkan orang tersebut berhenti bernapas sesaat.

Selain kelima belas penyebab diatas, sulit tidur juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada kesehatan fisik pada seseorang.

Gangguan penyakit lainnya :
16. Sinusitis
17. Asam lambung atau masalah pencernaan lainnya
18. Gangguan pernapasan (asma atau paru-paru)
19. Jantung
20. Masalah otot dan persendian
21. Gangguan hormon
22. Kanker
23. Stroke
24. Gangguan saraf seperti parkinson dan alzheimer
25. Pembesaran prostat


EmoticonEmoticon