Rabu, 30 Agustus 2017

15 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Akhir-akhir ini yoga semakin banyak diminati oleh banyak orang, baik wanita maupun pria. Berbeda dengan zaman dahulu ketika yoga masih dianggap hanya sebagai jenis latihan yang bermanfaat untuk rileksasi pikiran. Kini yoga sudah menjadi salah satu metode utama bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh ideal.

Karena pada dasarnya apabila yoga dilakukan dengan baik dan konsisten, maka kamu bisa merasakan beragam manfaat baik untuk jiwa dan raga. Berbeda dengan kebanyakan jenis olahraga lainnya yang lebih intens pada gerakan yang dapat membuat fisik lebih bagus.

Dengan melakukan yoga, kamu tidak hanya bisa merasakan perubahan dari segi fisik yang semakin terbentuk, namun juga dari kejiwaan kamu. Pikiran kamu akan menjadi lebih rileks, fresh, dan tidak mudah stress.

Manfaat Yoga
Manfaat Yoga - menshealth.com

Hingga saat ini ada banyak jenis gerakan yoga yang bisa kamu praktekkan, mulai dari tahap dasar hingga ke tahap yang sudah mahir. Jika kamu termasuk orang yang baru dalam berolahraga yoga, mungkin akan sedikit bingung dengan gerakan mana yang cocok untuk memulai latihan awal kamu.

Pada dasarnya semua gerakan yoga memiliki manfaat yang sama, yaitu dapat membuat tubuh dan pikiran semakin rileks. Hanya saja memang masing-masing gerakan memiliki penekanan pada bagian tubuh yang berbeda-beda.

Untuk memulai yoga, ada baiknya kamu melakukan latihan gerakan dasar yoga untuk pemula hingga dapat kamu kuasai. Hal ini untuk membiasakan tubuh dan menghindari terjadinya cidera yang tidak diinginkan saat latihan.

Jika kamu termasuk orang yang tidak terlalu sibuk atau hanya memiliki waktu luang diakhir pekan, saat ini sudah banyak dibuka kelas yoga di kota-kota besar yang bisa kamu ikuti. Pastinya kamu akan sangat terbantu saat ingin memulai yoga dengan bimbingan instruktur professional untuk tiap-tiap gerakannya.

Namun sebelum kamu memulai latihan yoga, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa dihasilkan oleh latihan yoga secara rutin. Tentunya ini juga akan membantu untuk menentukan target dalam latihan yoga kamu kedepannya.

Manfaat Latihan Gerakan Senam Yoga

1. Mengurangi stress
Salah satu cara tepat serta positif untuk mengatasi pikiran stress dan depresi pada seseorang adalah dengan melakukan aktivitas berolahraga, termasuk dengan melakukan gerakan yoga.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, yoga diketahui memiliki manfaat yang sangat efektif untuk mengatasi rasa depresi dan stress, serta dapat membuat suasana hati orang tersebut menjadi lebih bahagia.

2. Mengatasi insomnia dan schizophrenia 
Bagi seseorang yang memiliki masalah dengan tidurnya pada malam hari atau yang dikenal dengan insomnia, bisa diatasi dengan melakukan latihan yoga.

Tidak hanya insomnia, bagi pasien penyakit skizofrenia juga bisa menerapkan pola latihan yoga. Latihan yang konsisten dipercaya dapat membantu mengurangi halusinasi dan membuat pikiran lebih stabil, sehingga mencegah adanya perubahan perilaku pada pasien tersebut.

3. Membentuk  badan ideal
Bagi seseorang yang sangat memperhatikan penampilan, bentuk tubuh yang ideal merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Olahraga yoga secara teratur sangat efektif untuk membantu membakar kalori dalam tubuh. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan kelenturan tubuh akan meningkat secara bertahap.

Namun perlu diingat bahwa untuk bisa meraih tubuh ideal, melakukan yoga saja tidak cukup jika tidak diikuti dengan pola makan yang sehat. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan gizi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya. 

4. Mengurangi risiko penyakit kronis
Siapa yang tidak takut ketika mengetahui bahwa kamu memiliki risiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Kedua jenis penyakit yang sangat sering menjadi penyebab kematian tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. 

Untuk melakukan pencegahan dan mengurangi risiko akan terjadinya kedua penyakit tersebut, kamu bisa melakukan olahraga ringan secara rutin. Salah satu latihan yang cocok untuk pencegahan ini, yaitu dengan latihan yoga. 

5. Sakit punggung
Duduk berjam-jam di depan komputer karena tuntutan pekerjaan, tidak jarang membuat punggung kamu menjadi terasa nyeri. Beragam penyakit bisa diatasi dengan latihan yoga, termasuk sakit punggung yang kamu alami.

Melakukan yoga secara rutin di pagi hari, sangat efektif untuk membantu mengurangi nyeri pada punggung kamu. Pose tertentu pada yoga bisa membantu peregangan tubuh dan membuat menjadi kembali rileks.

Namun, apabila kamu sebelumnya diketahui memiliki gangguan seperti pada tulang belakang atau penyakit kronis lainnya, ada baiknya kamu melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan latihan.

6. Meringankan efek alkohol
Setelah berpesta dan mengkonsumsi minuman beralkohol semalaman, siapa yang akan berpikir untuk melakukan yoga pada keesokan harinya? Mungkin sangat jarang, atau bahkan tidak ada.

Perlu kamu ketahui, ternyata yoga bisa mengatasi efek pusing dan mual saat terbangun di pagi hari setelah kamu mengkonsumsi alkohol pada malam sebelumnya atau juga dikenal dengan istilah hangover. Saat tubuh mengalami hangover, gerakan yoga secara alami akan melakukan penetralan atau detoks pada tubuh kamu.

Gerakan atau pose yoga yang populer untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu pillow dan shoulder stand. Lakukan gerakan tersebut dalam beberapa repetisi untuk melancarkan peredaran darah menuju ke otak, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu melatih kelenjar tiroid.

7. Meringankan gejala asma 
Siapa yang tidak merasa tersiksa dengan datangnya gangguan pernapasan atau yang lebih dikenal dengan asma. Setiap harinya kamu harus siaga dengan membawa inhaler kemana-mana, jika sewaktu-waktu gejala asma kembali muncul.

Latihan gerakan yoga secara rutin, bisa membantu untuk meringankan gejala asma kamu. Pernyataan ini diperkuat dengan adanya hasil penelitian yang dilakukan pada pasien asma dewasa.  Gerakan yoga seperti pranayama atau pun gerakan lainnya yang berkaitan dengan pernapasan, bisa membuat gejala asma menjadi lebih ringan.

8. Menambah stamina
Berbanding lurus dengan kondisi fisik yang semakin bugar dan meningkatnya daya tahan tubuh, stamina yang dimiliki tubuh kamu secara perlahan semakin mengalami peningkatan. 

Melakukan jenis gerakan yoga yang berkaitan dengan pernapasan dan dikombinasikan dengan beberapa pose lainnya, sangat efektif untuk meningkatkan stamina tubuh. Jika dilakukan secara benar, maka ini sebanding dengan kamu berlari mengelilingi lapangan.
9. Menjadi semakin rileks
Seperti yang kita ketahui dari sekian banyak gerakan yoga yang ada, seluruh gerakan memiliki cara penerapan yang dilakukan secara perlahan dari tiap-tiap tahapan yang ada. 

Dibalik gerakan yang tenang atau perlahan dalam latihan yoga ini ternyata memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi semakin rileks. Saat melakukan latihan, kamu bisa sambil mendengarkan suara alam seperti hembusan angin, tetesan air, ataupun alunan musik dengan tempo yang rendah agar dapat semakin rileks.

10. Menambah daya ingat
Agar dapat melakukan gerakan yoga dengan benar, seluruh bagian tubuh akan dituntut untuk saling bekerja sama. Untuk dapat melakukannya, tentunya dibutuhkan pikiran yang tenang dan fokus. 
Seiring berjalannya waktu, konsentrasi kamu akan semakin meningkat. Jika kamu sudah bisa berkonsentrasi dengan baik, maka dengan sendirinya ingatan kamu juga akan mengalami peningkatan dalam mengingat suatu hal.

11. Meningkatkan Gairah
Jika kita menterjemahkan kata yoga dalam bahasa sansekerta, maka akan memiliki arti hubungan atau penyatuan.

Dari terjemahan ini, maka bisa kita artikan bahwa yoga merupakan suatu metode latihan yang bisa menyelaraskan atau menghuhubungkan antara pikiran dan tubuh kita. Jadi, bukan sesuatu yang mengherankan apabila manfaat yang bisa dihasilkan yoga salah satunya yaitu bisa meningkatkan gairah dalam berhubungan suami istri.

Dengan melakukan yoga, peredaran darah pada tubuh akan menjadi lebih lancer dari sebelumnya. Peredaran darah yang lancar tentunya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita, contohnya untuk melancarkan kerja hormon yang dapat meningkatkan gairah. Cobalah untuk melakukan beberapa pose yoga secara rutin dalam kurun waktu 12 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Memaksimalkan kerja jantung
Latihan yoga secara rutin setiap pagi, dapat membiasakan jantung agar tetap bekerja optimal dan menjadi lebih sehat. Jika kamu memiliki jantung yang sehat, maka otomatis kamu akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung dan gagal jantung.

13. Membuat tubuh semakin lentur
Jika kamu perhatikan orang-orang yang sudah rutin melakukan yoga, maka tubuh yang dimilikinya terlihat sangat lentur dan fleksibel. 
Hal ini dikarenakan pada yoga memerlukan beragam jenis gerakan seperti memutar, menyilang, dan lain-lain. Oleh karena itu, semakin rutin kamu melakukan latihan, maka tubuh akan beradaptasi dan membuat tubuh kamu semakin fleksibel untuk bergerak.

14. Mencegah Osteoporosis 
Sama halnya dengan poin di atas, yaitu tentang keluwesan tubuh. Dengan melakukan gerakan rutin yoga, kekuatan tulang, sendi, dan otot kamu akan semakin meningkat. Jika kepadatan dalam tulang kamu baik, maka otomatis mencegah terjadinya osteoporosis.
Ada beberapa gerakan yang baik untuk melatih kekuatan tulang, otot, dan sendi, seperti gerakan downward dan upward facing dog. 

15. Membuat tetap terlihat awet muda
Semua orang pastinya ingin memiliki kulit yang kencang, mulus, dan terlihat awet muda. Salah satu cara untuk meraihnya yaitu dengan berlatih pose yoga. Yoga memiliki efek positif yang dapat melakukan detoksifikasi ataupun penetralan pada kulit kamu.

Melakukan gerakan yoga dengan benar dan teratur akan membantu kulit menjadi lebih sehat, membuat kulit menjadi lebih kencang, dan menjadi awet muda.  


EmoticonEmoticon