Minggu, 20 Agustus 2017

20 Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur

Tags

Pada dasarnya, tidur merupakan suatu kebutuhan bagi semua manusia. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 6-9 jam. Tidur memiliki beragam manfaat, baik bagi fisik maupun mental seseorang.

Manfaat tidur bagi keadaan fisik, yaitu: memberi waktu organ tubuh dan otot kamu untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Dari sisi mental, ternyata tidur dengan kualitas yang baik dapat membuat seseorang lebih bahagia dan fokus dalam bekerja.

Cara Mengatasi Insomnia
Cara Menghilangkan Insomnia - bbci.co.uk

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada tahun 2011, 43% warga Amerika yang berumur 13-64 tahun, ternyata jarang mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malamnya dikarenakan insomnia.

Apa itu Insomnia?

Insomnia merupakan suatu gangguan yang dialami oleh sebagian orang, baik saat akan tidur atau saat sedang tidur. Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang sulit untuk tidur dan jika bisa tidur, maka sulit untuk dapat mempertahankan agar tetap terlelap dan mudah terbangun sendiri.


Gejala Insomnia 

Ada beberapa gejala yang umum dirasakan oleh orang yang mengalami insomnia, antara lain :
  1. Badan terasa lelah, namun tetap sulit untuk terlelap;
  2. Sering terbangun dan sulit untuk melanjutkan tidur;
  3. Badan lemas dan mengantuk karena kurang tidur;
  4. Sulit untuk berkonsentrasi / fokus.

Penyebab Sulit Tidur / Insomnia

Ada beberapa hal yang dapat memicu insomnia pada seseorang, antara lain :
  1. Stress dan Depresi : Orang yang memiliki tingkat stres dan depresi yang tinggi, cenderung lebih mudah mengalami insomnia. Hal ini disebabkan karena beban pikiran yang terus terpikirkan dan perasaan emosi yang dimiliki orang tersebut sedang tidak stabil, sehingga menyebabkan menjadi sulit tidur.
  2. Trauma : Seseorang yang pernah mengalami masalah psikologis, juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab insomnia.
  3. Konsumsi stimulan : Kandungan yang terdapat pada makanan atau minuman stimulan dapat membuat detak jantung dan tekanan darah meningkat, sehingga akan sulit jika ingin tidur.
  4. Tidur siang terlalu lama : Waktu tidur siang yang tidak dikontrol dan terlampau lama, selain buruk bagi kesehatan tubuh, juga dapat menyebabkan seseorang sulit untuk tidur di malam hari. 

Jenis-Jenis Insomnia

Secara garis besar, jenis insomnia dibedakan menjadi 2, yaitu berdasarkan penyebab dan rentang waktu insomnia.
Jenis Insomnia Berdasarkan Penyebabnya
  1. Insomnia primer, merupakan jenis insomnia yang disebabkan bukan karena adanya masalah kesehatan pada seseorang.
  2. Insomnia sekunder, kebalikan dari insomnia primer. Yaitu insomnia yang disebabkan karena adanya masalah kesehatan tertentu.
Jenis Insomnia Berdasarkan Rentang Waktu
  1. Insomnia akut : Jenis ini memiliki tempo waktu yang singkat. Biasanya dialami oleh seseorang yang mengalami nervous, seperti menjelang suatu event yang dinantikan.
  2. Insomnia kronis : Insomnia jenis ini didominasi oleh seseorang yang sedang memiliki kondisi psikologis dan kesehatan yang kurang baik.

Cara Menghilangkan Insomnia


Cara Mengatasi Susah Tidur
Cara Mengatasi Susah Tidur - CarakuHidupSehat.Com

1. Tidur di lingkungan yang nyaman
Lingkungan yang nyaman tentunya akan membuat kamu semakin mudah untuk terlelap. Sebelum tidur, kamu dapat membersihkan area tempat tidur kamu agar tetap bersih dan tidak gatal. Gunakan kasur dan bantal yang kamu rasa senyaman mungkin.

2. Buat tubuh rileks dengan alunan musik
Jika kamu termasuk tipe orang yang sulit tidur jika tidak ada suara di sekitar, kamu bisa mencoba untuk sambil mendengarkan alunan musik instrumental dengan irama yang lambat. Pada sebagian orang, cara ini cukup ampuh dan bisa membuat semakin rileks.

3. Mengurangi cahaya lampu
Ada sebuah jurnal kesehatan yang mengatakan bahwa 40% orang di Amerika Serikat, lebih mudah tidur saat kondisi cahaya gelap. Kamu bisa mencoba untuk mengurangi cahaya kamar kamu, atau mematikan lampu saat hendak tidur.

Selain dapat membuat lebih nyenyak, tidur dalam keadaan gelap juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

4. Pilih dekorasi warna kamar yang nyaman
Warna dekorasi pada kamar ternyata dapat mempengaruhi psikologi seseorang. Seseorang dapat lebih cepat tidur dengan warna kamar yang mereka sukai.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan warna biru muda dan hijau muda untuk memberikan kesan yang damai dan tenang .

5. Kurangi kebiasaan merokok
Kandungan nikotin yang ada pada rokok, diketahui dapat membuat kamu lebih sulit untuk dapat terlelap. Untuk itu hindari kebiasaan merokok mulai sekarang untuk hidup yang lebih sehat.

6. Biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama
Menciptakan kebiasaan untuk mengatur pola tidur dengan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, merupakan salah satu tips ampuh yang bisa atasi masalah susah tidur kamu.

7. Hindari bekerja di kamar
Ada baiknya kamu tidak menggunakan kamar kamu sebagai tempat untuk bekerja. Hal ini agar kamu bisa fokus untuk beristirahat dan tidak memaksakan otak untuk kembali bekerja.

8. Biasakan diri untuk langsung tidur saat lelah
Menciptakan kebiasaan yang baik seperti langsung beristirahat saat lelah, akan membuat tubuh kamu semakin terbiasa dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

9. Jangan tidur siang terlalu lama
Tidur siang terkadang memang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menggantikan tidur yang kurang di malam hari. Akan tetapi, tidur siang dalam jangka waktu yang lama juga tidak dianjurkan oleh kebanyakan Dokter, karena salah satunya dapat menyebabkan insomnia.

Untuk itu, gunakan alarm untuk mengatur waktu tidur kamu agar tidak terlalu lama dan lebih mudah tidur ketika malam hari.

10. Hindari konsumsi kafein menjelang tidur
Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman bersoda, dan berenergi tidak dianjurkan untuk diminum mendekati jam tidur. Kandungan kafein memiliki efek yang dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih waspada dan membuat kantuk hilang.

11. Kurangi suara sekitar
Jika kamu merupakan seseorang dari kebalikan poin nomor 2 di atas, maka ada baiknya kamu kurangi suara disekitar kamu. Jika kamu tidak dapat mengurangi suara bising saat ingin tidur, kamu bisa menggunakan ear plug agar tidak terganggu.

12.  Olahraga teratur
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, olahraga terbukti efektif dapat mengurangi tingkat stres yang menjadi salah satu penyebab insomnia dan menambah kebahagiaan seseorang.

Selain itu, dengan meluangkan waktu berolahraga di pagi hari, akan membuat menuntut tubuh kamu untuk beristirahat di malam hari dan menjadi lebih nyenyak.

13. Jauhkan gadget
Saat ini kita hidup di era serba digital, hampir semua orang tidak dapat lepas dengan penggunaan gadget setiap harinya. Tidak jarang saat akan tidur kita masih asik menggunakan gadget dan meletakkannya di dekat bantal saat hendak tidur.

Tentu saja ini akan sangat mengganggu saat ada pesan atau panggilan masuk disaat kamu sedang tidur nyenyak. Selain itu, meletakkan gadget terlampau dekat saat tidur juga akan menyebabkan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan.

14. Hindari Penggunaan "Jam"
Yang penulis maksudkan disini adalah penggunaan jam analog yang mengeluarkan suara setiap jarum jam bergerak. Solusinya, kamu bisa beralih menggunakan jam digital atau jika ingin tetap menggunakan jam analog, kamu bisa memindahkannya sedikit lebih jauh dari tempat tidur kamu.

15. Buat aturan di kamar kamu
Membuat aturan seperti dilarang mengobrol, menonton, bekerja, dan makan di kamar akan membiasakan kamu untuk menggunakan kamar hanya untuk beristirahat.

16. Hindari konsumsi alkohol
Alkohol memang diketahui mengandung kandungan sedatif yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Akan tetapi, efek dari mengkonsumsi alkohol justru akan membuat kamu menjadi susah tidur dan akan merusak jam tidur kamu.

17. Lakukan yoga
Yoga dipercaya oleh banyak orang mampu untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi stres pada seseorang. Lakukan yoga secara rutin agar kamu bisa tidur lebih cepat.

18. Mengatur nafas
Menghirup nafas lebih dalam dan panjang, akan membantu kamu menjadi lebih rileks dan tidur lebih cepat.

19. Hindari tidur saat perut kosong
Saat kondisi perut sedang kosong tentunya akan sulit untuk dapat terlelap. Makanlah secukupnya beberapa jam sebelum tidur. Jika kamu merasa lapar saat hendak tidur, cobalah untuk minum segelas air putih terlebih dahulu. Tidak jarang otak memberi sinyal lapar, padahal tubuh kita hanya haus. Jika masih lapar, coba untuk makan makanan ringan yang tersedia.

20. Berdoa
Sebelum tidur, biasakan untuk membaca doa sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan masing-masing. Berdoa bermanfaat agar tidur kamu dapat terjaga dan terhindar dari gangguan mimpi buruk yang dapat membangunkan tidur kamu.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon